Sunday, April 8, 2018

Kapasitas Penyimpanan Memory Otak Manusia Lebih dari 1 Petabyte

Kapasitas Penyimpanan Memory Otak Manusia Lebih dari 1 Petabyte


Otak adalah organ vital manusia, tanpa otak kita tidak akan merasakan kehidupan. Secara fisik otak merupakan organ yang lunak, sebagian besar tersusun dari air 78%, lemak 10%, protein 8% dan rata-rata memiliki bobot sekitar 1-1,5kg. Jika dilihat otak manusia berliku-liku dan didalamnya terdapat sekitar 50 sampai 200 miliar neuron, tiap satu neuron berhubungan dengan 100.000 neuron lainnya sehingga membentuk 100 trilyun sampai 10 bilyun jembatan sinapsis (penghubung antar satu neuron dengan neuron lain). Setiap sinapsis mempunyai kemampuan menyimpan jenis informasi yang berbeda sampai jumlah tertentu, jika kita asumsikan kemampuannya mencapai 256 informasi yang berbeda dan tiap neuron mempunyai 10.000 sinapsis maka total kapasitas penyimpanan informasi dalam otak kita mencapai 500 sampai 1000 tera bytes atau 1 petabyte. Namun jika level penyimpanan informasi dalam otak kita terjadi pada tingkat molekular (molekul yang membentuk sel neuron) maka tingkat penyimpanannya akan jauh lebih besar, beberapa orang memperkirakan mencapai 3,6 x 10 pangkat 19 bytes.



Jika manusia diibaratkan komputer atau ponsel, mata adalah kamera, telinga adalah mic, mulut adalah speaker, wajah adalah layar dan otak adalah procesor sekaligus harddisk. Bayangkan setiap hari kita merekam kejadian didunia ini dengan mata, telinga dan menyimpannya di otak. Belum lagi ditambah indera yang lain. Jika merekam video dengan kamera hp berdurasi 1 menit, besarnya mencapai 1MB lebih dengan kualitas buruk. Nah mata kita dapat merekam 24 jam dengan kualitas full HD, Berapa besar size video yang telah kita rekam selama 24 jam full HD?
Begitu pula dengan telinga, kita dapat mengenali suara-suara beraneka ragam.

Harddisk komputer dapat menyimpan lebih dari 1000GB tiap tahunnya dan berumur sekitar 5 tahun. Sedangkan otak manusia diberi kapasitas sekitar 12500GB tiap tahunnya dan berumur 80 tahun lebih.

Dan yang paling hebat adalah data didalam otak kita tidak pernah dihapus (manusia normal). Apa bisa kita melupakan kejadian selamanya? Pasti akan teringat kembali, walaupun lupa. Sebenarnya lupa itu karena kita jarang mengaksesnya ibarat data dikomputer. Jika memori otak kita diformat sama saja kita lahir kembali.
Selain itu jika otak penuh informasi akan disimpan dalam darah. Yang pasti otak tidak akan penuh, malah kapasitasnya bertambah seiring bertambahnya usia.
Dalam kehidupan sehari-hari manusia menggunakan otak kanan sekitar 90% dan sisanya otak kiri.
Otak kanan menampung akivitas seni, kreativitas, disiplin, dll.
Sedangkan otak kiri untuk logika, hitungan, dll.

Otak juga butuh penyegaran (refresh) untuk itu jagalah otak jangan terlalu berat bekerja. Isilah otak anda dengan informasi yang berguna.

Sekian semoga bermanfaat

go to link download
download

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.